Puslitpen Selenggarakan Coaching Clinic untuk Akselerasi Capaian Publikasi Scopus

Pusat Penelitian dan Publikasi (Puslitpen)- LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan acara “Coaching Clinic: Motivasi dan Strategi Tembus Prosiding Internasional Terindeks SCOPUS” di Studio Pasca sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung (25/02/2020). Kegiatan coaching clinic diselenggarakan oleh empat tim kelas menulis konferensi Internasional 2020, yang dikoordinatori oleh Hamdan Gumilar. Hadir sebagai narasumber, Prof. Dr. Ali Ramdhani, Direktur Pasca Sarjana mewakili akademisi di bidang Sainstek, dan Dr. Wahyudin Darmalaksana, Dekan Fakultas Ushuluddin mewakili akdemisi di bidang Sosial Humaniora. Hadir juga ketua LP2M, Dr. Husnul Qodim, dan Kepala Puslitpen, Dr. Deni Miharja.

Kegiatan Coaching dibuka oleh Kepala Puslitpen UIN Sunan Gunug Djati Bandung, Dr. Deni Miharja, yang dalam sambutannya menegaskan “Kegiatan Coaching Clinic perlu terus diselenggarakan untuk meningkatkan capaian publikasi internasional UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terus bersaing” tegasnya. Dr. Wahyudin, dalam kesempatan sebagai nara sumber, menyatakan bahwa “UIN Bandung memiliki akselerasi capaian publikasi indeks scopus cukup tinggi se PTKIN nomor dua setelah UIN Jakarta. Di tahun 2019, mencapai 266 paper. Namun, untuk berkompetisi di kota Bandung, kita masih kalah oleh TelU, UPI, UNPAD, dan ITB. Diprediksi tahun ini UIN SGD Bandung akan menyalip UIN Jakarta. Widyatama akselerasinya tinggi pada hari ini, mereka memiliki 12.000 slot paper untuk publikasi dengan mengakses jejaring publisher. UPI bukan kompetitor tapi rekan kolaborasi kita.” Dia memberikan dorongan dan motivasinya, bahwa “Tidak ada pilihan.. “Mati atau Menulis, tidak menulis tidak keren” demikian motto yang disampaikannya.

Sementara itu, Prof Ali Ramdhani, lebih bamyak menyampaikan materi terkait strategi dan teknik menulis tembus di publikasi internasional scopus.  Dia mengingatkan kepada peserta, “Ikuti kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah, seperti IMRAD (Introduction, Method, Result, Analysis, Discuss), Sebuah judul minimal mengandung PMR (Problem, Methodology, Result), jangan lupa penyeragaman afiliasi (UIN Sunan Gunung Djati Bandung), email memggunakan email instansi akademik, Abstrak: tujuan, metode, hasil/finding, implikasi. Sedangkan kutipan menggunakan footnote, tidak dibutuhkan dalam penulisan karya ilmiah, hal itu terkait selingkung saja” imbuhnya.

Ada pertanyaan yang menarik, ketika seorang mahasiswa menanyakan tentang manfaat bagi mahasiswa bila diwajibkan karya tulis ilmiahnya terbit di jurnal nasiona maupun internasional. Prof. Ali memberikan jawaban dengan penuh motivasi, “Sekali publish, sekali tercatat maka akan menjadi catatan sepanjang sejarah yang abadi, tidak seperti cinta anda. Dia akan membekas dan itu literasi yg paling pokok. Anda tidak tahu apa yg terjadi ke depan. Ketika kita melangkahkan kaki untuk menjadi seseorang yg lebih baik dari aspek pendidikan, misalnya untuk ikut LPDP atau sekolah ke luar negeri, publikasi anda itu akan menjadi salah aspek dalam penilaian. Yang jelas, menulis artikel untuk diterbitkan dalam publikasi internasional adalah salah satu kebaikan, dan akan menjadi kebaikan yang tak terduga buat kita sendiri” demikian motivasinya.  

LP2M pasti akan membantu paper dosen yang diikutkan konferensi dan bisa tembus prosiding internasional scopus. Sekarang tinggal kesiapan para dosen untuk menyiapkan sebanyak-banyaknya paper yang layak

Ketika diminta komentar terkait kesiapannya untuk memberikan bantuan dana buat paper yang diikutkan konferensi internasional dan terbit di scopus, Ketua LP2M, Dr. Husnul Qodim menyatakan kesiapannya. Menurutnya, “Tujuan coaching ini memang untuk menyiapkan paper yang layak dibantu pendanaannya untuk konferensi-konferensi internasional serta terbit menjadi prosiding internasional scopus. LP2M pasti akan membantu paper dosen yang diikutkan konferensi dan bisa tembus prosiding internasional scopus. Sekarang tinggal kesiapan para dosen untuk menyiapkan sebanyak-banyaknya paper yang layak. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan akselerasi capaian scopus UIN Bandung yang cukup tinggi, di samping juga untuk tagihan publikasi internasional akreditasi prodi-prodi”.

60total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *