UIN SGD BANDUNG DELEGASIKAN ADMIN PADA PERTEMUAN ADMIN LITAPDIMAS PTKIN

Serang (13/03/2020), Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI menyelenggarakan kegiatan pertemuan admin Litapdimas (Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian Masyarakat) yang diselenggarakan di Hotel Le Dian Hotel & Cottages Serang Banten dari tanggal 12 – 14 Maret 2020. Dihadiri oleh 58 admin Litapdimas PTKIN salah satunya adalah delegasi dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dalam paparannya Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Suwendi, M.Ag menyampaikan bahwa admin Litapdimas harus memahami kebijakan untuk mengimplementasikan teknis litapdimas, akan tetapi tidak sebagi penentu kebijakan. Tugas dan fungsi utama admin adalah sebagai pelayan teknis, asistensi yaitu mendampingi para dosen terkait teknis litapdimas, security dan pusat data yaitu data litapdimas yang mengetahui adalah admin sehingga harus dijaga dengan baik, maka seorang admin harus amanah juga. Selain kebijakan admin juga harus mengetahui ruang llingkup litapdimas yaitu Input (dari pendaftaran member sampai pendaftaran proposal), proses (mulai dari validasi sampai penyerahan laporan) dan hasil (penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat harus dipublikasikan).

Dalam pengelolaannya Litapdimas menerapkan kebijakan H-1 yakni sosialisasi , pengusulan , dan penilaian proposal diselenggarakan pada 1 ( satu ) tahun sebelum tahun anggaran berjalan. Pengusulan , penilaian , dan pelaporan bantuan Litapdimas tidak menggunakan kertas atau paperless), tetapi dengan soft file yang langsung diakses melalui aplikasi. Setiap PTKI diwajibkan untuk menggunakan layanan aplikasi . Bagi PTKIN yang telah memiliki aplikasi tersendiri (web service satker) agar dipastikan dapat terkoneksi dengan aplikasi litapdimas yang telah disediakan oleh Direktorat . Bagi PTKIN yang belum memiliki aplikasi tersendiri dapat menggunakan aplikasi litapdimas tersebut secara langsung , yang diharapkan memiliki perangkat server dan penyimpanan data pada masing masing PTKIN. Setiap PTKIN diwajibkan untuk menugaskan 1 ( satu ) hingga 2 ( dua ) orang sebagai tim admin layanan aplikasi litapdimas yang pembiayaannya dibebankan oleh masing masing PTKIN. Selain itu, setiap PTKIN agar mewajibkan setiap dosen PTKIN untuk memiliki akun peneliti sebagai syarat untuk mengajukan usulan bantuan litapdimas. Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat juga melakukan inovasi, terdapat 7 layanan dan informasi elektronik yaitu Litapdimas (Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian kepada Masyarakat),  Moraref (Ministry of Religious Affairs References) , Morabase (Ministry of Religious Affairs References Bank of Article System electronic), Morabind (Ministry of Religious Affairs Book Index), Morabook (Ministry of Religious Affairs Book), OSPL (One Search PTKI Library), dan Jendela Penelitian dan Pengabdian.

167total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *